Senin, 06 April 2009

Dibalik UTS Kali ini

Mulai tanggal 2 ini hingga 2 minggu ke depan, SMAN 2 Pare mengadakan UTS (ujian tengah semester). Tak seperti tahun sebelumnya, UTS kali ini tidak ada jadwal khusus. Jadi seperti ulangan harian atau ulangan blok, tapi bersama-sama pada minggu ini. Harinya pun juga bebas di tentukan oleh guru mata pelajaran di kelas.

Memang format demikian bisa membuat siswa tidak setegang ujian bersama, semisal ujian semester. Guru-guru juga tak sesibuk saat ujian semester. Akan tetapi, karena tidak ada jadwal yang pasti, maka bisa jadi dalam satu hari ulangan beberapa mata pelajaran. Seperti hari senin ini, ulangan PKN ditambah Biologi juga rencananya Fisika ulangan. Lebih parah lagi pada kelas fullday yang sehari ada 6-8 mapel, misalnya hari jum'at kemarin, dalam sehari ada ulangan B. Inggris, biologi, fisika dan matematika. Wah gimana belajarnya? Apalagi hari sebelumnya tidaklah libur. Disini tampak ada perbedaan hasil tiap kelas. Bandingkan antara kelas yang sehari ulangan 4 mapel dengan kelas yang sehari ulangan 2 mapel, tentu saja hasil ulangan jauh berbeda walau pada pelajaran yang sama.

Beban semakin berat dirasakan siswa dengan menumpuknya tugas. Deadline juga harus minggu ini. Beberapa siswa harus merelakan waktu istirahatnya untuk menyelesaikan tugasnya. Anak-anak olimpiade pelajaran juga peserta pertukaran pelajar juga semakin sulit membagi waktu, melihat lombanya juga pada bulan ini. Kalau protes mungkin hanya dapat jawaban "Yah mau gimana lagi? Namanya juga siswa. Jadi tugasnya belajar. Harus pandai atur waktu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template Design by SkinCorner | Supported by Templates Zone Based on WP and Blogspot Themes