Sabtu, 07 Maret 2009

SKAL di Pantai Sanur

Tujuan pertama SKAL di Bali ini adalah Pantai Sanur. Rencananya untuk melihat indah sunrise disini. Tapi nyatanya rencana tinggal rencana. Mataiari telah bersinar terang. Ya, kami terlambat.

Sanur adalah pantai pasir putih di sebelah selatan Bali. Pantai ini menghadap ke timur dan memiliki ombak yang tenang. Di pantai ini sering di adakan perlombaan kano, volly pantai, dan sebagainya.

Pantai ini dikenal sejak 1906. Adalah cerita tentang Hak tawan karang. Yaitu hak kerajaan Bali jika ada kapal kandas di bali bisa di ambil. 13 mei 1904, kapal Belanda kandas di Sanur. Akan tetapi belanda tak mematuhi hukum di Wilayah Raja Badung. Belanda meminta ganti rugi 3rb ringgit. Akhirnya Belanda membuat Ultimatun perang. akhirnya bekerja sama dengan Raja Tabanan dan Raja Ubud.

Perseteruan dengan Belanda memuncak. Terjadilah Perang puputan badung pada september 1906. Perang di tengah Denpasar. Raja-raja Bali bertempur habis2an Walau akhirnya kalah. Timbulah Mesatye dari permaisuri dan prajurit. Mereka bunuh diri daripada menjadi tawanan musuh. Untuk mengenang dibuatlah Monumen Puputan.

Pada 1937, Ajily mayur, pelukis dari prancis membuat lukisan pantai sanur. Dia Melukis di papan, goni, kanvas. Sejak itu Sanur dikenal hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template Design by SkinCorner | Supported by Templates Zone Based on WP and Blogspot Themes